AD (728x60)

Pages

Kamis, 08 Desember 2016

Featured

Share & Comment
http://www.aviationgazette.com/wp-content/uploads/2016/11/Featured.png

Teknologi yang Digunakan

Jendela Penghasil Listrik

            Dengan memanfaatkan termoelektrik, kami memanfaatkan perbedaan suhu antara dalam dan luar ruangan ber-AC. Berbeda dengan penelitian yang sudah dipaparkan sebelumnya. Jika produksi listrik menggunakan mesin mobil, maka hasil listrik dari mobil hanya akan dapat dimanfaatkan pada lokal mobil tersebut saja. Sedangkan jika produksi listrik menggunakan termoelektrik sebagai pengganti sel surya, maka permasalahan yang sudah dibahas sebelumnya yaitu keberadaan matahari yang terbatas hanya siang hari saja serta masalah musim penghujan serta efisiensi listrik yang dihasilkan jika dibandingkan dengan sel surya tidak memberikan perbedaan yang mencolok dengan sel surya. Sehingga dengan adanya jendela penghasil listrik ini akan ada pemanfaatan suhu ruangan yang berkelanjutan yang dapat dipanen setiap saat dan dapat dimanfaatkan bersamaan dengan sumber listrik PLN sebagai sumber listrik alternatif.

Generator Termoelektrik

Generator termoelektrik (juga disebut Seebeck generator) adalah perangkat generator listrik yang mengkonversi panas (perbedaan suhu) langsung menjadi energi listrik, menggunakan fenomena yang disebut efek Seebeck (bentuk efek termoelektrik).
Teknologi termoelektrik bekerja dengan mengonversi energi panas menjadi listrik secara langsung (generator termoelektrik), atau sebaliknya, dari listrik menghasilkan dingin (pendingin termoelektrik). Untuk menghasilkan listrik, material termoelektrik cukup diletakkan sedemikian rupa dalam rangkaian yang menghubungkan sumber panas dan dingin. Dari rangkaian itu akan dihasilkan sejumlah listrik sesuai dengan jenis bahan yang dipakai.
Atas dasar itulah penulis memiliki ide untuk membuat jendela penghasil listrik, dengan harapan jendela ini bisa berfungsi sebagai sumber listrik alternatif yang dapat dimanfaatkan langsung pada bangunan-bangunan yang memiliki perbedaan suhu luar dan dalam ruangan yang cukup signifikan seperti bangunan dengan pendingin berupa AC (Air Conditioner).

2.3.3 Peltier

Peltier adalah keramik yang bisa menghasilkan energi panas dan dingin jika di beri tegangan. Namun pada Prinsip Thermoelectrik, Peltier jika di panaskan salah satu sisinya dan sisi lain panasnya dibuang, maka akan menghasilkan Tegangan. Teknologi termoelektrik bekerja dengan mengonversi energi panas menjadi listrik secara langsung (generator termoelektrik). Cara kerja generator ini adalah apabila ada perbedaan suhu lebih dari 30c diantara kedua sisi peltier maka peltier akan menghasilkan listrik.

Pengisi Baterai (Charge Controller)

Charge controller berfungsi mengatur lalu lintas listrik dari modul peltier ke baterai. Alat ini juga memiliki banyak fungsi yang pada dasarnyaditujukan untuk melindungi baterai. Pengisi baterai atau chargecontrolleradalah peralatan elektronik yang digunakan untuk mengatur arussearah DC yang diisi ke baterai dan diambil dari baterai ke beban. Chargecontroller mengatur overcharging (kelebihan pengisian karena baterai sudahpenuh) dan kelebihan tegangan (overvoltage) dari peltier. Kelebihantegangan dan pengisian akan mengurangi umur baterai. Charge controller menerapkan teknologi Pulse Width Modulation (PWM) untuk mengaturfungsi pengisian baterai dan pembebasan arus dari baterai ke beban.

Baterai (Battery/Accumulator)

Accumulator atau yang akrab disebut accu/aki adalah salah satu komponen penting pada penyimpan daya atau baterai. Aki berperan sebagai penyimpan listrik. Saat pengisian tenaga listrik dari luar diubah menjadi tenaga listrik didalam akumulator dan disimpan didalamnya. Sedangkan saat pengosongan, tenaga di dalam akumulator diubah lagi menjadi tenaga listrik yang digunakan untuk mencatu energi dari suatu peralatan listrik. Dengan adanya proses tersebut akumulator sering dikenal dengan elemen primer dan sekunder.

Inverter

Untuk kebutuhan listrik AC, energi listrik yang disimpan di bateraidirubah menjadi listrik AC menggunakan Inverter. Inverter adalahperangkat elektrik yang digunakan untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak balik (AC). Inverter mengkonversi arus DC 12-24V dari perangkat seperti baterai, panel surya/solar cell menjadi arus AC220 V.


Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Why to Choose Jerami?

Copyright © Jerami (Jendela Ramah Lingkungan) Penghasil Listrik | Designed by Templateism.com